Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

Sosial Media Marketing adalah cara ampuh bagi bisnis anda dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Orang-orang menemukan, mempelajari, mengikuti, dan berbelanja dari merek di media sosial, jadi jika Anda tidak menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn! Marketing yang hebat di media sosial dapat membawa kesuksesan luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan pendukung merek yang setia, dan bahkan mendorong prospek dan penjualan.

Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sosial Media Maeketing adalah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan kekuatan jaringan media sosial populer untuk mencapai tujuan pemasaran anda. Tapi ini bukan hanya tentang membuat akun bisnis dan memposting saat Anda menginginkannya. Pemasaran media sosial membutuhkan strategi yang berkembang dengan tujuan yang terukur dan mencakup:

  • Memelihara dan mengoptimalkan profil Anda.
  • Memposting gambar, video, cerita, dan video langsung yang mewakili merek Anda dan menarik pemirsa yang relevan.
  • Menanggapi komentar, berbagi, dan suka serta memantau reputasi Anda.
  • Mengikuti dan terlibat dengan pengikut, pelanggan, dan pemberi pengaruh untuk membangun komunitas di sekitar merek Anda.

Sosial Media Maeketing juga mencakup iklan media sosial berbayar, di mana Anda dapat membayar agar bisnis Anda muncul di sejumlah besar pengguna yang sangat bertarget.

Manfaat Sosial Media Marketing

Dengan penggunaan dan keserbagunaan yang begitu luas, media sosial adalah salah satu saluran gratis paling efektif untuk memasarkan bisnis Anda saat ini. Berikut adalah beberapa manfaat khusus dari Sosial media Marketing:

  • Dorong lalu lintas: Antara tautan di profil Anda, tautan posting blog di pos Anda, dan iklan Anda, media sosial adalah saluran teratas untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda tempat Anda dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan.
  • Hasilkan prospek dan pelanggan: Anda juga dapat menghasilkan prospek dan konversi langsung di platform ini, melalui fitur seperti toko Instagram/Facebook, pesan langsung, tombol ajakan bertindak di profil, dan kemampuan pemesanan janji temu.
  • Tingkatkan kesadaran merek: Sifat visual dari platform media sosial memungkinkan Anda membangun identitas visual di seluruh khalayak luas dan dan meningkatkan kesadaran merek . Dan kesadaran merek yang lebih baik berarti hasil yang lebih baik dengan semua kampanye Anda yang lain.
  • Bangun hubungan dengan audians anda: Platform ini membuka jalur komunikasi langsung dan tidak langsung dengan pengikut Anda di mana Anda dapat berjejaring, mengumpulkan umpan balik, mengadakan diskusi, dan terhubung langsung dengan individu. 

Semakin besar dan semakin terlibat audiens Anda di jaringan media sosial, semakin mudah bagi Anda untuk mencapai tujuan marketing atau pemasaran Anda.

Statistik Sosial Media Marketing 

Mari kita lihat beberapa statistik pemasaran media sosial yang membuktikan kekuatannya:

  • Rata-rata orang dewasa di Amerika menghabiskan 2,25 jam di media sosial setiap hari.
  • Lebih dari 70% orang yang memiliki pengalaman positif dengan bisnis di media sosial akan merekomendasikan bisnis ke jaringan mereka.
  • Pengguna Facebook rata-rata mengklik 12 iklan Facebook setiap bulannya.
  • 81% orang menggunakan Instagram untuk meneliti produk dan layanan.
  • Hampir 80% pengguna Twitter merasa lebih positif tentang suatu bisnis ketika mereka mendapat tanggapan atas tweet mereka.
  • 4 dari 5 orang di LinkedIn mendorong keputusan bisnis.
  • 46% pengguna TikTok terlibat dalam aplikasi tanpa gangguan lain.

Esensi dari Strategi Sosial Media Marketing Yang sukses

Strategi Sosial media marketing yang sukses akan terlihat berbeda untuk setiap bisnis, tetapi berikut adalah kesamaan yang mereka semua miliki:

  • Pengetahuan tentang audiens Anda: Platform apa yang mereka gunakan, kapan mereka menggunakannya dan mengapa, konten apa yang mereka sukai, siapa lagi yang mereka ikuti, dan banyak lagi.
  • Identitas merek: Apa pesan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda? Apa yang Anda ingin mereka rasakan saat melihat konten Anda?
  • Strategi konten: Meskipun ada tingkat spontanitas di sosial, Anda memerlukan strategi konten terstruktur untuk dapat memiliki suara yang konsisten dan menghasilkan konten berkualitas secara teratur.
  • Analisis: Wawasan terukur akan menginformasikan strategi Anda, termasuk siapa yang Anda jangkau, konten yang tepat untuk dibagikan, waktu terbaik untuk memposting , dan banyak lagi.
  • Aktivitas rutin: Media sosial adalah platform waktu nyata. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda perlu memposting secara teratur, tetap di atas keterlibatan dengan bisnis Anda, terlibat kembali, mengikuti tren, dan mempertahankan profil yang akurat.
  • Pendekatan masuk: Jangan gunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Fokus pada penambahan nilai melalui konten yang bermanfaat dan menarik serta membangun orang-orang di sekitar Anda. Ini, pada gilirannya, akan mempromosikan bisnis Anda secara organik dan orang lain akan mempromosikannya untuk Anda.

Membuat Rencana sosial media marketing Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui esensi dari strategi pemasaran media sosial, inilah saatnya untuk menerapkannya. Rencana sosial media marketing Anda adalah melihat trafik untuk menjalankan strategi Anda. Ini menempatkan struktur di sekitar upaya Anda sehingga Anda dapat mengukur kesuksesan Anda dan memastikan Anda membelanjakan sumber daya Anda dengan bijak. Berikut cara membuat rencana pemasaran media sosial Anda :

  1. Pilih platform Media sosial Anda: Pilih berdasarkan audiens target Anda, platform yang populer untuk industri Anda, serta bandwidth Anda. Hanya ambil jumlah platform yang dapat Anda ikuti secara aktif. Anda selalu dapat memulai dengan satu dan kemudian menambahkan lebih lambat saat Anda menguasainya.
  2. Tetapkan tujuan dan sasaran: Ini harus sederhana dan seperti tugas untuk memulai, seperti memposting sekali sehari selama sebulan, menyiapkan profil Anda, atau melakukan analisis kompetitif. Setelah Anda masuk ke ritme dan mengumpulkan wawasan, Anda akan dapat menetapkan tujuan yang lebih spesifik dan strategis seperti meningkatkan pengikut Anda sebesar mungkin atau memublikasikan (jenis konten yang menurut Anda disukai audiens) per bulan.
  3. Laporkan dan sesuaikan secara teratur: Gunakan analitik setiap platform untuk mengidentifikasi pos mana yang menghasilkan keterlibatan paling banyak, apakah Anda mendapatkan lebih banyak pengikut , dan untuk melihat demografi pemirsa Anda. Memanfaatkan dan meningkatkan apa yang berhasil dan menghilangkan apa yang tidak.

Cara Pemasaran Media Sosial

Siap memulai pemasaran di media sosial? Berikut adalah beberapa tips pemasaran media sosial untuk memulai kampanye media sosial Anda.

Buat konten yang beragam

Konsisten dengan bidang pemasaran online lainnya, konten berkuasa dalam hal pemasaran media sosial. Pastikan Anda memposting secara teratur dan menawarkan informasi yang benar-benar berharga yang menurut pelanggan ideal Anda berguna dan menarik. Ini termasuk:

  • Bagaimana caranya, kiat cepat
  • Berita lokal dan industri
  • Data dan wawasan
  • Jajak pendapat, pertanyaan, kontes
  • Pembaruan dan pengumuman

Ini juga berarti memanfaatkan berbagai format penawaran media sosial, termasuk gambar, video, cerita, streaming langsung, toko online, dan banyak lagi.

Tetap konsisten

Menggunakan media sosial untuk Marketing memungkinkan bisnis Anda memproyeksikan citra merek Anda di berbagai platform media sosial yang berbeda. Meskipun setiap platform memiliki lingkungan sendiri yang unik, identitas inti bisnis Anda, apakah itu ramah, menyenangkan, atau dapat dipercaya, harus tetap konsisten.

Jangan hanya memposting-berpartisipasi

Dengan kata lain, jangan hanya login sebulan sekali untuk menjadwalkan semua posting Anda. Saluran media sosial adalah komunitas. Anda perlu memperhatikan siapa yang terlibat dengan konten Anda dan terlibat kembali-tanggapi komentar, suka, bagikan, dan komentari pos mereka, jalankan streaming langsung, poskan pendapat, dan pertanyaan waktu nyata untuk memicu diskusi, dan poskan ulang konten orang lain.

Gunakan Tools pembuatan konten

Jangan sampai ada yang memberi tahu Anda bahwa Instagram adalah platform media sosial paling visual. Jika Anda ingin menonjol di feed seseorang, Anda harus melengkapi postingan Anda dengan visual yang menarik seperti foto, ilustrasi, teks yang diubah menjadi seni. Alat pembuatan konten seperti Canva memiliki template dan fitur yang memungkinkan Anda membuat visual yang terlihat profesional dengan cepat, mencantumkan logo, dan konsisten dengan merek Anda.

Gunakan kembali, posting ulang, dan revisi Konten atau Artikel

Media sosial adalah tempat yang ramai, jadi jika Anda ingin mendapatkan daya tarik dengan audiens Anda, Anda perlu memposting konten yang bagus secara teratur.

  • Tujuan Ulang: Buat posting Facebook dari ulasan pelanggan, gabungkan posting blog menjadi serangkaian Tweet, saring studi kasus menjadi sorotan pelanggan di Instagram; ubah dek webinar menjadi postingan carousel di LinkedIn. Kemungkinannya tidak terbatas. 
  • Repost: Harus dilakukan dalam jumlah sedang, tetapi cara yang bagus untuk mengisi kekosongan dalam kalender konten Anda. Repost di Instagram dan retweet konten yang dibuat pengguna dan influencer. Anda juga dapat mengkurasi konten dari sumber resmi dan membagikan tautan tersebut di postingan Anda.
  • Resivis Artikel atau Konten anda: Posting video TikTok dan Gulungan Instagram Anda ke YouTube; bagikan kembali posting blog Anda yang berkinerja terbaik setiap bulan untuk mendapatkan pengikut baru; tambahkan rekaman Facebook Live Anda ke saluran YouTube Anda.

Susun feed Anda sendiri

Kami selalu mencari cara untuk muncul di feed orang lain, tetapi kami lupa bahwa ada nilai yang bisa diperoleh dari milik kami sendiri. Ikuti pesaing Anda sehingga Anda dapat mengawasi mereka, mendapatkan ide yang dapat Anda sesuaikan dengan strategi Anda sendiri, dan mengidentifikasi celah yang dapat Anda isi. Ikuti influencer untuk tetap mengikuti tren dan mendidik diri sendiri. Ikuti merek yang berbagi nilai-nilai Anda atau yang memiliki strategi konten hebat untuk inspirasi dan ide di luar kotak.

Ukur kesuksesan dengan analitik

Anda tidak dapat menentukan keberhasilan strategi sosial media marketing Anda dengan melihat data. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat pemasaran media sosial yang bagus akan membantu Anda mengukur teknik pemasaran media sosial Anda yang paling berhasil, serta menentukan strategi mana yang lebih baik ditinggalkan. Lampirkan tag pelacakan ke kampanye pemasaran media sosial Anda sehingga Anda dapat memantaunya dengan benar. Dan pastikan untuk menggunakan analitik dalam setiap platform sosial untuk lebih banyak wawasan tentang konten sosial mana yang berkinerja terbaik dengan audiens Anda.

Mengiklankan

Di antaranya banyak alasan untuk beriklan di media sosial adalah bahwa ini adalah cara yang sangat hemat biaya untuk memperluas jangkauan Anda. Jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar, Anda bisa mendapatkan konten dan penawaran Anda di depan audiens yang besar dengan biaya yang sangat rendah. Sebagian besar platform media sosial menawarkan kemampuan penargetan yang sangat terperinci , memungkinkan Anda untuk memfokuskan anggaran Anda pada jenis orang yang paling mungkin tertarik dengan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tip dan sumber daya untuk memulai pemasaran media sosial berbayar:

  • iklan Facebook
  • iklan Pinterest
  • iklan Instagram

Platform pemasaran media sosial terbaik untuk bisnis

Platform marketing sosial media terbaik untuk bisnis termasuk Facebook, YouTube, Instagram, LinkedIn, Twitter, TikTok, dan Snapchat. Situs pemasaran media sosial yang berbeda memerlukan pendekatan yang berbeda, jadi inilah ikhtisar singkat tentang masing-masing situs basis penggunanya, dan jenis kontennya.

Facebook

Facebook adalah platform media sosial terbesar secara global serta salah satu direktori bisnis lokal terbesar. Orang-orang dari berbagai kelompok usia menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, berpartisipasi dalam grup dan forum, menemukan dan mengunjungi bisnis di dekat mereka, dan mengikuti merek. Facebook adalah platform pemasaran media sosial yang bagus untuk anda:

  • Bangun hubungan dengan pelanggan saat ini
  • Umumkan perubahan jam, acara, dan pencapaian
  • Adakan diskusi dan streaming langsung

Jangkauan organik di Facebook terbatas, jadi jika Anda ingin menghasilkan prospek atau menemukan audiens baru, iklan Facebook adalah pilihan terbaik Anda.

Youtube

Anda mungkin tidak menganggap YouTube sebagai saluran pemasaran media sosial, Anda dapat memposting video ke chanel  Anda; bagikan, komentari, dan sukai video lainnya, dan ikuti akun lain yang Anda suka. Selain itu, Anda memiliki umpan yang dilihat di beranda dengan video yang direkomendasikan. Kunci pemasaran media sosial di YouTube bukanlah untuk mencoba "menjadi viral", tetapi untuk menambah nilai:

  • Video tutorial, cara, dan penjelasan
  • Streaming langsung YouTube
  • Periklanan (iklan video dan iklan bergambar di platform)

Instagram

Meskipun muncul bertahun-tahun setelah LinkedIn dan Twitter, Instagram dengan cepat melampaui platform tersebut dan mencapai satu miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2018. Instagram populer untuk beragam format konten, termasuk posting Feed, Stories, Lives, Reels, dan IGTV. Orang-orang menggunakan Instagram untuk mengikuti influencer dan merek tempat mereka membeli dan yang mendukung nilai-nilai pribadi mereka. Buat bio Instagram Anda dan gunakan untuk:

  • Belanja sosial
  • Pemasaran influencer
  • Konten buatan pengguna
  • Budaya perusahaan

Biaya iklan Instagram umumnya lebih tinggi daripada di Facebook, tetapi kabar baiknya adalah jangkauan organik juga lebih tinggi.

LinkedIn

LinkedIn mungkin merupakan jaringan profesional, tetapi juga merupakan komunitas inspiratif pembelajaran. Jadi selain menggunakannya untuk membangun jaringan, menemukan prospek, dan berbagi wawasan industri, ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mengekspresikan budaya perusahaan Anda dan membangun merek pribadi Anda secara paralel dengan merek bisnis Anda. Ada banyak sekali fitur halaman perusahaan LinkedIn untuk dimanfaatkan, jadi berhati-hatilah saat membuat halaman Anda. LinkedIn adalah platform yang bagus untuk:

  • Tarik talenta terbaik
  • Jaringan dengan mitra, rekan kerja, dan pelanggan
  • Bagikan pencapaian dan budaya perusahaan
  • Posting berita dan wawasan industri

Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial atau bisa juga dibilang mikroblog daring yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, membaca, dan membalas pesan teks hingga 280 karakter (dikenal dengan sebutan kicauan (tweet)). Pada awalnya Twitter hanya mengizinkan pengguna untuk mengirim tweet maksimal 140 karakter, namun pada tanggal 7 November 2017 twitter menambah jumlahnya menjadi 280 karakter. Banyak orang menggunakan Twitter untuk mendapatkan berita, mengikuti merek, dan mendapatkan layanan pelanggan. Pastikan untuk me-retweet ketika pelanggan memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan tentang Anda, dan jangan lupa untuk menjawab pertanyaan orang jika memungkinkan. Untuk pemasaran media sosial yang efektif di Twitter, Anda mungkin ingin:

  • Ikuti influencer untuk mengikuti berita dan tren.
  • Bagikan cerita melalui serangkaian Tweet dalam satu utas.
  • Buatlah diri Anda tersedia untuk layanan pelanggan dan FAQ.

Snapchat

Snapchat bukan hanya untuk remaja. Kelompok usia terbesarnya (75%) berkisar antara 13-34 tahun dan dengan Snap Maps, geofilters, dan kemitraannya dengan Gannett, ini lebih berfokus pada lokal daripada yang Anda kira. Meskipun Anda tidak dapat membangun hubungan di platform, Anda dapat membangun audiens melalui gambar dan video pendek yang menyenangkan. Gunakan Snapchat untuk:

  • Pemasaran berbasis lokasi
  • Pemasaran aplikasi
  • Konten yang menyenangkan

TikTok

TikTok adalah platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat sepanjang masa, hanya membutuhkan waktu lima tahun untuk mencapai satu miliar pengguna aktif bulanan. Ada banyak kategori populer di platform yang terus berkembang. Bisnis menemukan cara untuk menggunakannya sebagai saluran pemasaran, tetapi ingatlah, alasan utama orang menggunakan TikTok adalah untuk hiburan, jadi pastikan video Anda selaras dengan itu. Gunakan TikTok untuk:

  • Berpartisipasi dalam tantangan yang sedang tren
  • Posting video lucu dan inspiratif
  • Jadilah relatable

Mulailah memprioritaskan strategi pemasaran media sosial Anda 

Menggunakan media sosial dalam pemasaran tidak hanya meningkatkan lalu lintas situs dan meningkatkan jangkauan Anda. Ini mengubah bisnis Anda menjadi kepribadian yang dapat berkomunikasi dan terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam. Terlepas dari platform mana yang Anda gunakan atau bagaimana Anda menggunakannya, hal terpenting untuk diingat adalah bahwa media sosial bukanlah platform untuk mempromosikan bisnis Anda. Ini adalah komunitas bagi Anda untuk mengekspresikan kepribadian Anda, menunjukkan nilai-nilai Anda, berbagi informasi yang berguna, dan membangun orang-orang di sekitar Anda. Dengan orang-orang yang secara alami mengikuti Anda dan mempromosikan konten Anda, tidak perlu melakukan pitching. Dan dengan pendekatan ini, Anda tidak hanya akan mencapai tujuan bisnis Anda, tetapi juga semua hal tak berwujud lainnya yang diterjemahkan menjadi kepuasan dan pemenuhan.

Post a Comment for "Sosial Media Marketing Untuk Bisnis"